Republik Kroto 99.......Memberikan Peluang Usaha Dengan Modal Kecil.......Pelatihan Budidaya Kroto & Sedia Bibit Kroto berkualitas........Alamat : Ds. Ploso Santren,Dsn. Ploso Kerep,Sumobito-Jombang (Dekat perlintasan rel kereta api Peterongan)........Contact : Wilis / Dany........Telp : 0321-2999349,081554114044,081217404044.

Tuesday, June 26, 2012

Fakta Menarik Tentang Semut Rangrang



Pada umumnya kita sering melihat semut rangrang terdapat di kebun, sering kali kita menganggap bahwa semut rang-rang bukanlah hewan yang menarik untuk di jadikan bahan penambah wawasan, terutama bagi petani buah semut rangrang merupakan serangga yang acap kali mengganggu proses pemanenan karena gigitannya yang sakit. Saya akan memaparkan beberapa fakta menarik tentang semut rangrang, yang selama ini dianggap merugikan dan tidak menarik untuk di pelajari, berikut uraiannya :


1. Semut Sebagai Sahabat Petani.
Banyak dari kita pasti berpikir “bagaimana bisa dikatakan semut sebagai sahabat petani, jika pada saat panen tiba semut merupakan serangga pengganggu yang selalu menggigit tubuh para petani?”. Disinilah fakta menarik pertama akan diungkap, semut rangrang merupakan salah satu serangga yang dapat meningkatkan kualitas buah, sehingga buah yang dihasilkan lebih menarik dan lebih segar, Bagaimana bisa?, mari kita amati sejenak, sering kali kita melihat pohon yang memiliki buah terdapat penyakit yang disebabkan oleh ulat pemakan daun, dan serangga-serangga pemakan buah serta kepik hijau. Disinilah peranan semut rangrang mulai terlihat, dimana semut rangrang akan mengganggu, menghalangi serta memangsa hama tersebut, sehingga dapat meningkatkan kualitas dari buah yang dihasilkan.
2. Cara berkomunikasi yang Unik.
Pasti kita pernah melihat ketika semut sedang berjalan pada tembok atau dahan ranting semut-semut ini acap kali bertabrakan, tapi taukah kita bahwa itu merupakan cara mereka berkomunikasi , dimana dengan bersentuhan satu sama lain mereka menyampaikan informasi (dalam bentuk bau-bauan) dimana mereka menemukan mangsa hingga seberapa besar mangsa tersebut. Wouw …. Hebat bukan…..
3. Struktur Sosial Semut Rangrang.
Seperti halnya semut lainnya, semut rangrang juga memiliki struktur sosial. Semut rangrang hidup dalam kelompok sosial dimana pekerjaan dibagi berdasarkan kastanya, berikut merupakan tingkatan sosial (kasta) semut rangrang :
a. Ratu semut.
Dalam tiap-tiap koloni yang terdiri dari beberapa sarang dapat dijumpai satu atau beberapa ratu semut,dimana bila musim kemarau hanya akan ada satu ratu semut dalam sebuah kolonin, dan pada musim hujan akan ada beberapa ratu semut dalam sebuah koloni, hal ini dikarenakan pada musim kemarau terdapat sedikit makanan dan pada musim hujan banyak terdapat sumber makanan.
Ratu semut mudah di kenali dari tubuhnya yang besar dan bersayap, ratu semut berfungsi untuk menelurkan bayi-bayi semut. Dan ratu semut dapat hidup dalam beberapa bulan.
b. Semut jantan.
Semut jantan merupakan semut yang berfungsi mengawini ratu semut, dan ketika ia selesai mengawini ratu semut ia akan mati, dan tahukah anda bahwa semut jantan hanya memilki umur 1 minggu (singkat banget yach…)
Semut jantan berukuran lebih kecil dari ratu semut dan memiliki warna kehitam-hitaman.
c. Semut pekerja.
Semut pekerja merupakan semut-semut betina yang mandul. Mereka tinggal dalam sarang untuk merawat semut-semut muda.
d. Semut prajurit.
Semut prajurit merupakan semut yang paling banyak jumlahnya dalam koloni dan bertanggung jawab untuk semua aktivitas dalam koloninya. Mereka bekerja menjaga sarang dari gangguan pengacau, mencari dan mengumpulkan makanan untuk semua koloninya serta membangun sarang. Hmmmm…. Kebanyang kan gimana jika dalam suatu koloni semut tidak terdapat semut prajurit…..
4. Cara Memangsa Makanan.
Tidak kalah menarik semut rangrang dapat memangsa serangga yang 100 kali lebih besar daripada besar tubuhnya, ketika menemukan mangsa semua semut prajurit akan menyebarkan bau dengan cara bersentuhan dengan semut yang lain, ketika beberapa semut menyebarkan informasi kepada semut yang lain, beberapa semut yang lain akan tinggal dan ‘mengeksekusi’ mangsa tersebut dengan cara menjepit mangsa dengan gigi-giginya. Bukankah itu sesuatu yang luar biasa!
5. Perilaku Semut Rangrang.
Tahukah anda semut rangrang juga memilki prilaku yang sama dengan manusia lho…
Mau tau prilakunya seperti apa, mari kita lihat secara seksama :
a. Pemberani
Tahukah anda bahwa semut rangrang berani menyerang organism lain yang mengganggu meskipun ukuran tubuhnya 100 kali lebih besar dari ukuran tubuhnya.
b. Lincah
Semut rangrang dapat berlarian di dahan atau ranting-ranting pohon sepanjang hari.
c. Disiplin
Apabila ada suatu aktifitas yang harus dilakukan secara berkelompok, maka semua akan berperan serta dalam aktifitas tersebut, tak seekor semutpun yang meninggalkan kelompoknya.
d. Cerdas
Kelompok semut rangrang membangun system komunikasi diantara mereka dengan mengeluarkan aroma dan sentuhan tertentu. Dalam waktu singkatsemua anggota kelompok dapat mengetahui apabila terjadi sesuatu dalam kelompoknya dan mereka akan langsung melakukan pembagian tugas apa yang harus di lakukan.
Coba pikirkan semua semut memililiki semua perilaku di atas, apakah semua manusia memiliki perilaku di atas????
Hebat bukan!!!!
6. Sistem Kekerabatan.
Dari sekian banyak keunggulan semut rangrang, system kekerabatan mereka lah yang kurang patut di contoh, karena apa?
Karena antara spesies semut yang satu dengan spesies semut yang lainnya saling bermusuhan, bahkan bila spesies yang sama bila berbeda koloni bisa saling serang….
Wah… berarti semboyan mereka tidak sama dengan semboyan Negara kita yang memakai semboyan Bineka Tunggal Ika (berbeda-beda tetap satu jua), ahhhahhahhhah

(Dikutip dari buku : SEMUT SAHABAT PETANI)

No comments:

Post a Comment